Sebelum membahas android sebagai mobile computing, ada pengertian tentang mobile computing secara umum.
Beberapa pengertian tentang mobile computing adalah :
- kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia dalam penggunaan komputer secara praktis.
- Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).
- Mobile computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan.
- Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda.
Jenis mobile computing :
- Laptop
- Wearable computer
- PDA
- Smart phone
- Carputer
- UMPC
Aplikasi Mobile computing
- Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
- Peralatan Emergensi(akses kedunia luar)
- Akses web dalam keadaan bergerak
- Location aware services
- Information services
- Disconnected operations (mobile agents)
- Entertaintment(network game groups)
Konsep Mobile computing
- Mobilitas
- Handoff : kapan melakukannya, Pilih jaringan.
- Proses Migrasi: aplikasi infrastruktur pendukung yang mengikuti mobilitas
- Privasi dan Keamanan
- Otentikasi
- Otorisasi
- Enkripsi: keamanan
Pendukung Mobile Computing
- Hardware:
- Computing Unit (Central Processing Unit)
- Memory
- Storage
- Communication: Wireless (WiFi/Wimax, CDMA/GSM/3G, Bluetooth, dll)
- Sensing Device: camera dll
- Displace Devices: LCD Display, dll
- Software:
- Operating System:Microsoft Windows Mobile/CE, Symbian, RIM, Palm, Linux, Savale
- GUI
- Applications: cell phone applications, calendar, dll
- Java ME, popular untuk game
- Symbian, general purpose, didukung Nokia
- Android adalah berbasis Linux
- iPhone , hanya pada Mac OS X
- Palm OS, kuat di US
Beberapa Tools
- Java ME, popular untuk game
- Symbian, general purpose, didukung Nokia
- Android adalah berbasis Linux
- iPhone , hanya pada Mac OS X
- Lazarus, bermanfaat utk porting object Pascal
- Palm OS, kuat di US
Keterbatasan Mobile Computing
- Bandwidth yang belum memadai
- Standard keamanan
- Pemakaiana listrik
- Interface untuk transmisi
- User Interface
- Kesehantan
Android sebagai mobile computing
Tidak ada yang pernah membayangkan seberapa cepat platform ponsel-ponsel Android akan mengalami lonjakan bahkan Andy Rubin,insinyur Silicon Valley yang membuatnya. Lima tahun lalu Rubin memimpin sebuah startup yang baru saja diakuisisi oleh Google dan berusaha untuk mengembangkan perangkat lunak yang didapat dari sebuah smartphone. Dua tahun lalu ponsel Android pertama menghantam pasar dan hanya sedikit yang tidak berguna. Tetapi perangkat lunak terus membaik, dan pembuat handset terkenal seperti HTC, Motorola, dan Samsung melonjak, menggelar puluhan perangkat berbasis Android.
Pada bulan Agustus Google mengumumkan untuk mengaktifkan 200.000 ponsel Android setiap hari. Setidaknya satu hari sejak saat itu, angka itu melonjak menjadi lebih dari 250.000, Rubin mengatakan. Android kini memiliki lonjakan apple terdahulu untuk menjadi platform smartphone terbesar di amerika serikat, ketiga terbesar di seluruh dunia, dan sejauh ini paling cepat berkembang.
Android juga telah mengubah Google dan sekutu lamanya Apple menjadi saingan sengit. Sampai saat ini, Apple tampaknya ditakdirkan untuk memerintah internet mobile, berkat popularitas iPhone, yang diperkenalkan pada tahun 2007 dan dengan cepat merebut pangsa pasar. Tapi Android telah memungkinkan produsen handset seperti Motorola dan Samsung untuk mengembangkan saingan kredibel untuk iPhone. Tahun ini, seperti perusahaan-perusahaan tersebut telah memperoleh traksi, momentum Apple telah terhenti. Rubin mengkredit kenyataan bahwa Android adalah sebuah program open source yang digunakan oleh puluhan pembuat ponsel, sedangkan Apple bergerak sendiri, mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak milik sendiri.
Ini bukan pertengkaran belaka. Revolusi ponsel mungkin gelombang terbesar yang pernah memukul dunia komputasi. Sama seperti mainframe memberi jalan untuk minicomputers, yang pada gilirannya memberi jalan untuk komputer pribadi, PC sekarang sedang dipindahkan oleh smartphone dan tablet.
Yang paling penting, setiap salah satu smartphone akan selalu terhubung ke Internet. Jika Anda memiliki smartphone, Anda tahu bagaimana keterkaitan luar biasa yang didapat. Scott Adams, penulis dan pencipta komik strip Dilbert, tahun lalu berpendapat dalam esai bahwa smartphone merupakan semacam "exobrain" yang menambah otak reguler kami, memberikan kita kemampuan untuk menyimpan dan mengambil informasi untuk melakukan tugas-tugas seperti menjelajahi daerah asing.
Google juga menghitung sifat Android sebagai kekuatan. Perusahaan tidak menghasilkan uang dari Android langsung. Ini memberikan perangkat lunak pergi ke mitra hardware. Google menganggap bahwa Android mendapatkan lebih banyak orang ke Internet, di mana Google dapat menampilkan iklan mereka. CEO Google Eric Schmidt mengatakan ponsel berbasis Android sudah menghasilkan pendapatan iklan yang cukup baru untuk menutupi biaya pengembangan perangkat lunak. Google bisa menghasilkan uang dengan cara yang lain, misalnya, dengan membuka sebuah toko online untuk menjual musik dan video ke pengguna Android. Schmidt membayangkan hari ketika ada 1 miliar Android ponsel di dunia dan mencatat bahwa jika Google bisa mendapatkan hanya $ 10 dari setiap pengguna per tahun, itu akan menjadi bisnis $ 10 miliar. Itulah uang riil bahkan untuk Google, yang penerimaan tahun ini akan menjadi $ 21 miliar.
Selain membuat Android tersedia secara gratis, Google juga membiarkan para pembuat telepon mengubah kode dan menyesuaikan nya sehingga ponsel Android yang dibuat oleh, katakan, Samsung memiliki antarmuka pengguna yang berbeda dari satu ponsel Android dari Motorola. Rubin yakin model open-source Google memberikan keuntungan atas rival menjual sistem tertutup, seperti Apple, yang juga mengoperasikan toko online sendiri. kontrol ketat Apple memungkinkan untuk memberikan pengalaman pengguna yang sangat halus, di mana semuanya berjalan lancar bersama.
Salah satu prioritas utama saat ini adalah untuk meningkatkan antarmuka pengguna untuk mengejar ketinggalan dengan iPhone. Sebuah tantangan yang lebih besar adalah memastikan bahwa model open-source yang sama yang telah menyebabkan pertumbuhan yang cepat Android tidak juga menjadi kehancuran nya. Jika para pembuat telepon melakukan terlalu banyak bermain-main dan kustomisasi, Android bisa terpecah menjadi banyak versi yang berbeda, tidak satupun dari mereka sepenuhnya kompatibel dengan yang lain. Fragmentasi tersebut telah menjadi hak Achiless di setiap proyek yang open-source. Untuk mengatasi itu, Rubin dan timnya telah menciptakan sebuah suite tes kompatibilitas, daftar telepon harus dimiliki untuk membawa merek Android dan untuk menjalankan aplikasi Google seperti Google Maps. Rubin yakin ini akan mendorong para pembuat telepon untuk menyimpan semua ponsel Android fundamental yang kompatibel.
Microsoft, sementara itu, berharap fragmentasi tersebut akan menjadi kehancuran Android. Hal ini taruhan bahwa para pembuat ponsel akan lebih memilih system operrasi mobile baru sendiri, Windows Phone 7, yang dijadwalkan tiba di bulan berikutnya atau lebih. pembuat telepon harus membayar biaya lisensi untuk menggunakan Windows Phone 7, dan mereka tidak bisa bermain-main banyak dengan kode. Microsoft pitching ke perusahaan yang sama yang telah menggunakan Android, mengklaim bahwa Windows Phone 7 lebih dipoles dan akan memberikan pembuat telepon alat yang lebih baik untuk bersaing dengan Apple.
Sumber :
http://dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/11098/KomputasiBergerak_IWS.pdf
http://www.newsweek.com/2010/10/03/how-android-is-transforming-mobile-computing.html
http://ri32.wordpress.com/2010/04/06/mobile-computing/
thx cc.. jadi ad ide bwt tugas ni..
BalasHapus