Jumat, 01 Januari 2010

PEMBUATAN ANIMASI BUNGA RAFLESIA

PEMBUATAN ANIMASI BUNGA RAFLESIA

Untuk tugas ketiga ini saya membuat animasi Bunga Raflesia. Program 3D Max yang saya gunakan untuk membuat animasi Bunga Raflesia adalah 3D max 8. Dalam pembuatan animasi Bunga Raflesia objek yang saya gerakkan adalah daun dari raflesia. Selain itu, saya juga melibatkan beberapa komponen untuk mendukung animasi ini, seperti membuat hujan dengan menggunakan Particle Spray, membuat rumput dengan Plane, dan menambahkan tembok sebagai background dari Bunga Raflesia. Dalam tulisan ketiga ini saya akan menjelaskan langkah-langkah pembuatan animasi Bunga Raflesia. Berikut langkah-langkah pembuatannya :

Membuat daun Raflesia bergerak dan membuat efek hujan.

1. Membuka program 3ds Max 8.
2. Membuka file raflesia_8.max yang tadi disimpan.
3. Setelah itu, memilih objek daun yang akan digerakkan.
4. Setelah objek daun dipilih, kemudian mengatur posisi daun untuk digerakkan. Pengaturan posisi daun agar bisa digerakkan menggunakan Select and Rotate dan mengaktifkan tombol Auto Key untuk memulai pembuatan animasi.
5. Kemudian melakukan lagi pengaturan posisi daun Raflesia dengan menggunakan Select and Move dan mengatur Time Slider nya dengan cara digeser ke posisi frame.
6. Langkah tersebut terus dilakukan sampai posisi daun yang ingin digerakkan sesuai dengan yang diinginkan.
7. kemudian mengklik kembali tombol Auto Key untuk mematikan proses pembuatan animasi.
8. Setelah itu, mengklik tombol Play Animation untuk menjalankan animasi objek bergerak yang tadi telah dibuat.
9. Selanjutnya mengklik tombol Stop Animation untuk menghentikan animasi yang sedang berjalan di dalam viewport.
10. Setelah itu, untuk membuat efek hujan dapat menggunakan Particle Spray, yaitu dengan mengklik panel Create, pilih kategori Geometry-Particle Systems. Kemudian mengklik tombol Spray.
11. mengaktifkan viewport Top dan membuat objek spray dengan mengklik tahan mouse pada area viewport dan geser sehingga terbentuk objek spray dengan ukuran yang diinginkan.
12. Mengklik panel Modify, buka rollout Parameters. Kemudian memberi nilai pada Viewport Count = 100, Render Count = 100, Drop Size = 2.0, Speed = 10.0, Variation = 0.0.
13. Kemudian pada Parameter Render pilih Tetrahedron.
14. Menyimpan hasil kerja dengan nama raflesia_animasi1.max.

Membuat efek rumput dan tembok sebagai background dari Bunga Raflesia.

1. Pada Command Panel, mengklik tab Create, pilih kategori Geometry kemudian pilih Plane.
2. Membuka rollout keyboardEntry kemudian memberi nilai pada Length = 25.0cm dan Width = 25.0cm.
3. Membuka tab Modify.
4. Mengisikan nilai parameter pada rollout Parameters, yaitu Length = 100.0cm dan Width = 100.0cm.
5. Memilih kotak warna pada objek Plane01 kemudian pilih warna coklat dan klik OK.
6. Mengklik Modifier List kemudian pilih Hair and Fur(WSM).
7. Membuka rollout Material Parameters dan mengubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua.
8. Setelah itu, membuat tembok sebagai background dari Bunga Raflesia, yaitu dengan mengklik tab Create, pilih kategori Geometry kemudian pilih Box.
9. Kemudian mengatur posisi, panjang dan lebar, dan tinggi dari Box sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunakan Select and Move dan Select and Uniform Scale.
10. Kemudian pilih objek Box tersebut dan tekan tombol M keyboard.
11. Kemudian klik kotak kecil Diffuse
12. Setelah itu, Mengklik ganda pada bitmap.
13. Setelah tampil kotak dialog Select Bitmap Image File, buka file C:\material_karakter. Setelah itu, pilih tembok.jpg (file ini sudah dibuat sebelumnya, jadi kita dapat langsung memakainya).
14. Kemudian klik tombol Assign Material to Selection. Setelah itu, klik tombol Show Map in Viewport.
15. Selanjutnya, untuk membuat tembok lagi hanya di copy dari tembok sebelumnya dengan cara menekan Shift dan klik tahan mouse.
16. Kemudian mengatur lagi posisi, panjang dan lebar, dan tinggi dari Box sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunakan Select and Move dan Select and Uniform Scale.
17. Menyimpan hasil kerja dengan nama raflesia_animasi5.max.

Rendering Animasi

Setelah selesai membuat berbagai efek untuk animasi Bunga Raflesia, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah render animasi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Membuka program 3ds Max 8 atau melanjutkan pekerjaan yang tadi.
2. Membuka file raflesia_animasi5.max yang tadi disimpan.
3. Menekan F10 keyboard untuk menampilkan jendela Render Scene.
4. Kemudian klik Files. Beri nama untuk objek Bunga Raflesia yang akan di render. Misalnya raflesia13.avi. Kemudian klik Save.
5. Setelah itu, klik Render dan tunggu sampai proses Render untuk animasi Bunga Raflesia selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar